Pantai Banyu Tibo, Pacitan, Jawa Timur

September 05, 2015


Mengunjungi Pacitan, tidak lengkap rasanya tanpa menikmati keindahan pantainya. Selain terkenal dengan goa nya, Kabupaten Pacitan juga menyimpan keindahan alam lainnya berupa jajaran pantai yang menawan. Salah satunya adalah pantai Banyu Tibo yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Disebut banyu tibo (dalam bahasa indonesia berarti “air jatuh”) karena bentuknya yang menyerupai air terjun. Air sungai yang berada tepat di atas kawasan pantai, mengalir langsung dan jatuh membentuk air terjun kecil menuju laut lepas.

Pemandangan dari atas

Perjalanan menuju Pantai Banyu Tibo kami mulai setelah sehari sebelumnya sempat menginap di Gunung Lanang, Kabupaten Pacitan. Obyek wisata Pantai Banyu Tibo dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Jalan menuju obyek wisata ini memang belum terlalu bagus. Kegiatan perbaikan jalan oleh pemerintah baru berjalan pada jalan utama yang menghubungkan obyek-obyek wisata terkenal lainnya di Pacitan seperti Goa Gong, Goa Tabuhan, Pantai Klayar, Srau, dan belum menjangkau hingga kawasan Pantai Banyu Tibo.

tangga untuk turun ke pantai
Sore itu kami tiba di Pantai Banyu Tibo disambut dengan cuaca yang cukup mendung. Namun hal tersebut tidak menyurutkan animo para wisatawan yang saat itu asik berfoto di sekitaran kawasan pantai. Ya, pantai ini memang sudah menjelma menjadi salah satu obyek wisata yang cukup diminati selain beberapa pantai lainnya yang lebih dulu populer seperti Pantai Klayar, Srau, dan lainnya. Para penyedia jasa wisata biasanya memberikan paket lengkap bagi para wisatawan yang ingin menikmati berbagai obyek wisata di Kabupaten Pacitan dalam waktu satu hari, dan salah satu pilihannya adalah Pantai Banyu Tibo. Hal tersebut dijelaskan oleh salah satu driver jasa wisata yang sore itu ikut meramaikan pantai. Sore itu pantai memang benar-benar sangat ramai ketika kami asik berbincang-bincang dengan salah satu pemilik warung di sekeliling pantai. Obyek wisata ini awalnya dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat dan beberapa kali telah mendapat bantuan dari pemerintah. Tingginya tingkat kunjungan juga sudah diimbangi dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai. Lokasi parkir yang cukup luas, warung-warung makan, kamar mandi, dan mushola pun sudah tersedia. Kami pun akhirnya memutuskan untuk mendirikan tenda di tepi pantai malam itu.

Pemandangan dari atas


Akhir pekan merupakan waktu dimana pantai ini akan dipenuhi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Ternyata benar, pukul 08.00 WIB lokasi parkir sudah dipenuhi oleh puluhan sepeda gunung. Ternyata banyak komunitas sepeda yang memang menjadikan Pantai Banyu Tibo sebagai lokasi tujuan bersepeda tiap akhir pekan. Setelah merapikan tenda, kami pun bergegas turun ke pantai dan bermain air. Lokasi pantai di kawasan Bantu Tibo ini berada di bawah tebing sehingga untuk turun, sudah disediakan tangga oleh pihak pengelola. Pantai di kawasan Pacitan memang terkenal dengan keindahan tebing-tebingnya yang tersusun dari batuan karst. Membentang mulai dari Gunung Kidul (Daerah Istimewa Yogyakarta), Wonogiri (Jawa Tengah), hingga Pacitan (Jawa Timur) yang disebut kawasan Geopark Gunung Sewu. Lengkap sudah perjalanan kami ke Pacitan saat itu dengan mengunjungi dataran tinggi di Gunung Lanang dan Pantai Banyu Tibo.

Foto bareng dulu gan

You Might Also Like

4 komentar

  1. Itu homoaanya ya gan yang kayak kingkong itu

    ReplyDelete
  2. bening banget gan kayaknya tempatnya....tapi emang airnya langsung ke laut gitu ya ?...muara tapi bentuknya air terjun.. mantap..

    ReplyDelete
  3. bening banget gan kayaknya tempatnya....tapi emang airnya langsung ke laut gitu ya ?...muara tapi bentuknya air terjun.. mantap..

    ReplyDelete
  4. bening banget gan kayaknya tempatnya....tapi emang airnya langsung ke laut gitu ya ?...muara tapi bentuknya air terjun.. mantap..

    ReplyDelete

Subscribe