Museum Timah, Muntok, Bangka Barat

October 09, 2015

HOOFDBUREAU BANKATINWINNING
Jalan-jalan ke Kota Muntok tidak lengkap rasanya jika tidak menjelajahi obyek wisata yang memiliki nilai historis, salah satunya adalah Museum Timah Muntok. Ya, Kepulauan Bangka Belitung memang terkenal dengan sumberdaya timahnya yang mendunia. Sejarahpun mencatat bahwa perkembangan timah di Pulau Bangka dari masa ke masa turut mengiringi dan menjadi saksi perkembangan negeri ini.



Museum Timah Muntok. Teletak Di Jalan Jenderal Soedirman, Muntok, Bangka Barat. Diresmikan pada tanggal 7 November 2013. Bangunan museum ini dulunya merupakan kantor pusat dari Banka Tin Winning Bedjriff milik Pemerintah Belanda (HOOFDBUREAU BANKATINWINNING). Dibangun pada tahun 1915, terdiri dari 2 lantai. Berjarak sekitar 138 km dari kota Pangkalpinang. Untuk mencapai lokasi ini, saya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam menggunakan kendaraan bermotor dari kota Sungailiat. Hanya terdapat 2 museum timah di indonesia, yaitu di Muntok dan Pangkalpinang.





You Might Also Like

1 komentar

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata dengan sejumlah wisata yang menarik. Sangat bermanfaat untuk dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete

Subscribe